JAKARTA - Aplikasi BAHANA yang merupakan kependekan dari 'Belajar Huruf, Angka dan Warna' telah hadir di Ovi Store sejak beberapa waktu lalu. Selain satu dari sedikit banyak aplikasi edutaiment yang ada, yang istimewa aplikasi ini dibuat oleh pengembang asli Indonesia, berusia 12 tahun!

Ya, aplikasi BAHANA tersebut merupakan hasil kembangan Fahma Waluya Rosmansyah, yang kini telah berumur 12 tahun. Aplikasi pertamanya tersebut, dibuat saat dia berusia 11 tahun atau tepatnya ketika Fahma masih menginjak pendidikan kelas 6 SD.

"Awalnya aku ingin membuat aplikasi belajar bahasa Inggris buat adikku (Hania Pracika Rosmansyah). Dia yang menginspirasi aku untuk membuat aplikasi BAHANA ini," terang Fahma, saat Nokia Developer Metter, di Hotel Grand Mahakam, Jakarta, Selasa (16/11/2010).

Aplikasi BAHANA sendiri merupakan aplikasi yang berjalan pada Flash untuk platform Symbian. Konsepnya cukup sederhana, anak-anak yang menjadi sasaran aplikasi ini diajarkan bagaimana mengetahui beberapa kata dalam Bahasa Inggris dan Indonesia. Gambar yang digunakan pun terbilang cukup cerah dan menarik.

"Aku yang membuat gambar sampai ide cerita, sedangkan suaranya diisi oleh aku dan adikku," terang Fahma.

Sedangkan sampai akhirnya aplikasi ini bisa disebarluaskan di Ovi Store, juga tidak terlepas dari peran orang Nokia sendiri yang 'mengendus' bakat bocah ajaib ini. Dengan sedikit polesan agar user interfacenya semakin menarik, aplikasi ini sukses diunduh tidak hanya di Indonesia saja melainkan juga sudah di lebih 75 negara lainnya.

"Mudah-mudahan sih setelah ini aku bisa membuat aplikasi yang dimasukkan ke Ovi Store. Saat ini sudah ada 12 aplikasi lainnya, yang sedang aku jalankan,"



date Kamis, 02 Desember 2010

0 komentar to “BAHANA, Aplikasi Nokia Buatan Anak Indonesia Usia 12 Tahun”

Leave a Reply: